4 Oleh-oleh Berbahan Kenari Khas Kota Ambon di Bandara Patimura

Sejumlah maskapai penerbangan dengan destinasi kepulauan-kepulauan kecil di Maluku lazimnya akan membawa Anda tiba di Bandar Udara (Bandara) Pattimura lebih dulu guna transit. Biasanya, rentang masa-masa transit di Kota Ambon ini berkisar 2-3 jam. Memang lumayan membosankan bila Anda melulu berdiam di tempat. Saat perjalanan anda bisa memilih bahan bacaan seperti koran, majalah atau berita ambon. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan guna mengusir kejemuan itu. Misalnya, kabur ke kota dengan masa-masa tempuh 30 menit guna berwisata sebentar.

Pilihan lain, Anda dapat berburu kuliner sebagai oleh-oleh di dekat bandara. Uniknya, nyaris semua oleh-oleh di kota manise tersebut berbahan kenari. Berikut ini empat di antaranya.

  1. Roti Kenari

Roti kenari ialah camilan enteng nan manis pribumi Kota Ambon. Roti ini berbentuk kotak dan pipih laksana wafer. Bahan utamanya merupakan tepung, gula, susu, mentega, dan pasti saja kenari.

Ada dua opsi rasa roti kenari, yaitu original dan cokelat. Harga sekotak roti kenari ukuran 200 gram dibanderol Rp 55 ribu.

 

  1. Bagea Kenari

Lain roti, beda lagi bagea. Meski sama-sama berbahan utama kenari dan berbentuk kue kering, adonan bagea tercipta dari sagu. Sagu dibaur dengan telur, garam, dan potongan kenari. Ukuran bagea lebih banyak dari roti kenari. Bentuknya oval dan bervolume.

Fitri, penjual oleh-oleh di stan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Ambon, menuliskan bagea umum dicicipi dengan teh atau kopi. Harga bagea sama dengan kue kenari, yaitu Rp 55 ribu per 200 gram.

 

  1. Halua Kenari

Kalau hendak cari makanan enteng dengan kemasan yang lebih ringkas, kita juga dapat menjajal halua kenari. Halua kenari ialah ampyang-nya Ambon.

Kue ini tercipta dari gula aren dan kenari yang diuleni bulat-bulat. Ukurannya kecil, sekecil kelereng. “Ini favoritnya semua wisatawan,” kata Fitri, Rabu, 14 Maret 2018. Harga halua kenari berkisar Rp 40 ribu per kotak.

 

  1. Sarut Kenari

Kue ini ialah salah satu camilan kesayangan di Maluku. Bentuknya laksana bagea, melulu ukurannya lebih kecil. Rasanya manis sebab olahannya diberi gabungan gula aren. Kenari yang menjadi bahan utama kue tersebut memberi sensasi renyah ketika dikecap.

Sama laksana camilan olahan kenari lain, sarut kenari sesuai disantap untuk rekan minum teh dan kopi. Sarut kenari dipasarkan Rp 55 ribu per 200 gram. Cocok guna oleh-oleh.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *