Cara Menghitung RAB Bangunan Disertai Rumus dan Contoh

 

Rencana perkiraan biaya atau yang biasa disingkat RAB ialah perhitungan ongkos yang diperlukan untuk menggarap suatu proyek. Biaya yang dimaksud di sini ialah segala urusan yang terkaitdengan pengamalan proyek, mulai dari harga material, upah dan biaya-biaya lain.

Sebelum menggarap sebuah proyek seperti membina atau merenovasi rumah saya dan anda butuh membuat Rencana Anggaran Biaya. Dengan demikian saya dan anda bisa mengetahui perkiraan atau perkiraan ongkos total yang diperlukan untuk menuntaskan proyek tersebut.

Fungsi RAB di samping yang dilafalkan di atas ialah untuk bahan acuan dasar pengamalan proyek. Mulai dari pemilihan kontraktor yang sesuai, pembelian bahan bangunan sampai pengawasan proyek sampai-sampai dapat berjalan cocok kesepakatan mula Anda dengan pihak kontraktor.

cara menghitung RAB Rumah
Berikutnya ayo kita kupas seputar teknik menghitung RAB. Menghitung Rencana Anggaran Biaya dapat dibilang tidak sulit dan tidak gampang. Dalam membuatnya perlu kecermatan sehingga tidak terdapat salah perhitungan.

Umumnya teknik menghitung RAB lokasi tinggal atau bangunan terbagi menjadi lima langkah. Berikut ialah penjelasan selengkapnya yang dapat Anda simak..

Mempersiapkan Gambar Kerja
Gambar kerja yang diciptakan oleh arsitek tidak hanya bermanfaat untuk mengurus perizinan atau surat perjanjian saja. Gambar kerja juga dapat dipakai guna menilai sekian banyak jenis pekerjaan, spesifikasi dan ukuran material bangunan.

Dengan demikian anda akan lebih gampang untuk menghitung volume kegiatan maupun spesifikasi material bangunan. Selain tersebut jangan tak sempat untuk memeriksa harga material ke toko bangunan terdekat dan pun rate upah pekerja sesuai tempat proyek Anda.

Menghitung Volume Pekerjaan
Berikutnya ialah menghitung volume pekerjaan. Hal ini berlaku untuk seluruh jenis proyek, tergolong bila kita sedang mencari teknik menghitung RAB pondasi ataupun teknik menghitung RAB jalan aspal.

Rumusnya ialah dengan menghitung banyaknya volume kegiatan dalam satu satuan, laksana per m2, m3 atau per unit. Nantinya volume kegiatan dikalikan dengan harga satuan pekerjaan. Dengan begitu didapatkan jumlah ongkos pekerjaan.

Menentukan Harga Satuan Pekerjaan
Cara menghitung RAB drainase drainase, lokasi tinggal atau bangunan selanjutnya ialah dengan menciptakan harga satuan pekerjaan. Untuk urusan ini dapat dipisah menjadi harga upah dan material.

Misal, harga satuan kegiatan per tahun 2017 untuk kegiatan pengecatan dinding ialah Rp 8.500 per m2. Lalu kegiatan pemasangan plafon Rp 24.000 per m2 dan kegiatan rangka atap Rp 92.000 per m2. Yang perlu diacuhkan dalam perhitungan ini ialah peningkatan harga andai pekerjaan belum dimulai. Maka susunlah dengan mempertimbangkan hal tersebut.

Menghitung Jumlah Biaya Pekerjaan
Langkah selanjutnya ialah dengan mengalikan volume dan harga satuan kerja. Maka akan didapatkan jumlah ongkos dari setiap pekerjaan.

Misalnya, untuk penciptaan pondasi batu kali dengan volume 10 m3 ditentukan harga satuan sebesar Rp 400.000. Maka perhitungannya ialah dengan mengalikan 10 m3 x Rp 400.000 = Rp 4.000.000.

Rekapitulasi
Cara menghitung RAB yang terakhir ialah dengan menciptakan rekapitulasi. Rekapitulasi ialah jumlah total setiap sub pekerjaan, mulai dari kegiatan persiapan, kegiatan pondasi, kegiatan beton dan beda sebagainya. Sub kegiatan tersebut diuraikan lagi lebih mendetail dan setiap kegiatan ditotalkan sehingga didapatkan jumlah total ongkos pekerjaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *