Disdukcapil Maluku Tengah Alami Krisis Blanko E-KTP

Menurut pantauan dari berita maluku tengah, kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, semenjak Maret sampai saat ini merasakan kekosongan blangko e-KTP disebabkan belum menemukan pasokan dari pemerintah pusat dalam urusan ini Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Maluku Tengah, Nova Anakotta untuk DMS media group mengakui hingga dengan ketika ini Disdukcapil Maluku Tengah, kelemahan blanko e-KTP, sampai-sampai untuk sedangkan pihaknya melulu mengeluarkan Surat Keterangan (Suket) untuk warga yang berkeinginan mengurus e-KTP.

Dijelaskan Anakotta, permintaan blanko e-KTP telah dilaksanakan pihaknya ke pemerintah pusat sejumlah 1000 lembar, tetapi yang dapat diupayakan oleh Kemendagri melulu 500 lembar.

Dari 500 eksemplar e-KTP yang didatangkan, Disdukcapil Maluku Tengah melulu memprioritaskannya guna diberikan untuk para calon pelamar kerja di sekian banyak  instansi atau lembaga.

Dalam urusan ini, Anakotta menambahkan untuk para alumni SMA atau sederajat yang telah lumayan usia yakni, 17 tahun tidak sedikit dari mereka yang sedang mengekor tes di akademi militer baik tersebut Kepolisian atau TNI, menilik salah satu persyaratan yang mesti dipenuhi ialah wajib guna mempunyai e-KTP pribumi bukan Surat Keterangan (suket).

Oleh sebab itu untuk masyarakat yang mengerjakan pengurusan e-KTP, maka bakal dilayani dengan menyerahkan Suket, sambil menantikan adanya peningkatan blanko oleh pemerintah pusat untuk pihak Disdukcapil Maluku Tengah.

Sementara disebut-sebut soal adanya pungli yang diperkirakan dilakukan oleh pegawai pada Disdukcapil Maluku Tengah, secara tegas ditentang oleh Nova Anakotta, ditegaskannya selaku kepala Disdukcapil Maluku Tengah dirinya meyakinkan tidak terjadi pungli oleh pegawai yang melayani pengurusan e-KTP. Jika diketahui maka bakal ditindak cocok aturan yang berlaku.

 

Lebih lanjut dikatakannya guna pengurusan dokumen administrasi baik Kartu Keluarga, Akte maupun e-KTP masing-masing harinya pada kantor Dinas Catatan Sipil Kota Masohi ,Maluku Tengah berlangsung normal.

Saat ini pun pihak Disdukcapil Maluku Tengah mengerjakan program jemput bola dengan mengunjungi setiap kecamatan yang terdapat di Maluku Tengah untuk mengerjakan pelayanan secara langsung untuk warga yang akan mengerjakan pengurusan dokumen baik tersebut Akte kelahiran, Kartu Keluarga maupun –eKTP pada kecamatan masing-masing.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *