Waktu Atau Durasi Saat Membuat Ujian

 

Buat target masa-masa pengerjaan & target jumlah soal yang mesti dikerjain untuk masing-masing section ujian.

Dalam Soal dan Pembahasan emang formatnya dapat macem-macem, terdapat yang kombinasi PG dengan esai. Ada pun PG seluruh tapi campuran dari sejumlah mata pelajaran. Tapi pada prinsipnya, perlu menciptakan target masa-masa pengerjaan soal masing-masing section agar lo tetap aware dengan masa-masa yang mepet dan sempet keburu ngerjain seluruh section. Untuk mempermudah pembahasan, gua bakal ambil misal ujian TKPA SBMPTN 2018 dengan komposisi soal dan durasi ujian laksana di bawah ini:

 

Dalam ujian TKPA, total terdapat 90 nomor soal dengan masa-masa yang terdapat 105 menit. Berarti kalo dipukul rata, masing-masing nomor (seolah-olah) dapat dikerjakan 70 detik. Waktu 70 detik masing-masing nomor mungkin dapat lo kerjakan untuktipe soal TPA verbal, pola barisan, atau pola gambar… Tapi apakah dapat lo lakukan 1 soal = 70 detik guna  Tebakan gua sih lo membutuhkan waktu yang relatif tidak banyak lama sebab lo dituntut untuk menyimak bahan teks yang panjang dulu sebelum membalas soal.

 

Nah, kini kebanyang gak sih kalo lo langsung maju ngerjain soal tanpa strategi? Bisa jadi lo gak sempet ngerjain soal Bhs Indonesia dan Bhs Inggris sama sekali sebab kelamaan ngulik soal TPA. Satu urusan yang butuh lo pahami dalam ujian yang mencakup sejumlah mata latihan seperti SBMPTN ialah : Jangan hingga lo gak sempet ngerjain 1 section mata latihan sama sekali! Kenapa? Dalam konteks ujian seleksi PTN, tentunya PTN top nasional punya standard agar calon mahasiswanya punya keterampilan dasar di masing-masing mata latihan dong. Sekarang kalo lo gak sempet ngisi (misalnya) latihan Bhs Inggris sama sekali … itu dengan kata lain sama aja lo ngasih sinyal ke PTN yang lo tuju bahwa lo tuh gak dapat berbahasa Inggris sama sekali! Di sisi lain, tentunya PTN top nasional punya standard agar calon mahasiswanya dapat berbahasa Inggris dengan lumayan baik dong. Dengan kata lain, di samping ngerjain soal dengan cepat, lo pun harus mikirin porsi pengerjaan masing-masing section per mata pelajaran, agar sebisa barangkali seimbang.

 

Nah, saran dari gua, lo buat porsi masa-masa pengerjakan setiap soal agar seimbang, contohnya alokasi masa-masa pengerjakan soal per mata latihan ujian TKPA laksana ini:

 

TPA (45 soal) = 40 menit | target paling tidak = 40 soal

Matdas (15 soal) = 20 menit | target paling tidak = 10 soal

Bhs Indonesia (15 soal) = 15 menit | target paling tidak = 8 soal

Bhs Inggris (15 soal) = 15 menit | target paling tidak = 8 soal

Sisa waktu guna ngulang soal yang terlewat atau gak yakin jawabannya bener = 15 menit

Perlu gua tegaskan bahwa target yang gua illustrasikan di atas butuh disesuaikan dengan keterampilan lo dan pun target jurusan kuliah yang lo incer. Bisa jadi target illustrasi gua di atas terlampau rendah bikin elo yang emang ngincer jurusan PTN top nasional yang tingkat persaingannya ketat banget. Buat lo yang emang bertekad inginkan masuk jurusan favorit, pastikan target pengerjaan soal lo tiap soal setinggi barangkali bahkan kalo dapat semua soal TPA & Matdas mesti dapat lo kerjain seluruh dengan benar.

 

Bagi lo yang emang gak ngejar jurusan favorit, dengan pembagian target masa-masa dan jumlah soal laksana ini… Mungkin emang gak seluruh soal dapat sempet lo jawab sebab waktunya emang sengaja diciptakan supaya mepet banget. Tapi senggaknya lo dapat mengalokasikan seluruh keterampilan lo secara merata dan efektif pada seluruh soal yang pasti dapat lo kerjain. Coba lo biasakan guna disiplin membagi porsi masa-masa pengerjaan dari semenjak try out berdikari dari sekarang-sekarang, jadinya nanti pas hari-H SBMPTN, lo udah terbiasa disiplin memanfaatkan masa-masa secara optimal.

 

Terlepas dengan target masa-masa dan jumlah soal yang lo buat, lo mesti pastikan guna disiplin dalam pembagian waktu. Kalo emang pas ngerjain soal TPA lo udah menyentuh menit ke-40 namun belum sempet ngerjain soal cocok dengan target, lo tetap mesti maju ke section soal matdas berikutnya supaya seluruh section dapat lo lakukan secara merata dengan porsi masa-masa dan usaha yang seimbang. Nah, teknik melatih kedisiplinan gini ya inginkan gak inginkan lo mesti rajin Try Out mandiri. Sebelumnya, gua udah sempet kupas pentingnya Try Out dan teknik mendesain TO mandiri. Buat lo yang belum sempet baca, gua rekomendasikan banget guna baca tulisan itu sesudah lo baca tulisan ini.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *